Kunci Sukses Perubahan Sistem Tilawah dari Masehi Hijriyah

Catatan Magang Hari Pertama di Group 874

Group ini baru berjalan 3 pekan. Pekan pertama pakai Masehi, sudah 2 pekan ini pakai Hijriah.

Hasilnya? PATEN meski awalnya BERAT, begitu menurut penuturan adminya, Akh Iswandi Banna. Group 874 ini biasa khatam on time pada pukul 18:00.

Hari pertama saya magang, jumlah juz kholas dari malam hari hingga bakda shubuh ada 10 juz. Ini saya sebut sebagai KHOLAS GELOMBANG PERTAMA (KG1). Sampai di sini mungkin masih wajar. Di group saya, bakda shubuh sering kholas 10 juz juga…

Terus bedanya apa? Menjelang SIANG dan SORE.

Karena rata-rata mereka sudah mencicil sejak semalam, dzuhur bisa dapat 10 juz lagi, ini saya sebut sebagai KHOLAS GELOMBANG KEDUA (KG2). Total sudah 20 juz.

Sedangkan di group Masehi, siang jarang sekali masuk laporan kholas karena umumnya mereka baru mulai pas jam istirahat, itu pun kalau sempet.

Bakda ashar hingga jam 5 sore, adalah waktunta KHOLAS GELOMBANG KETIGA (KG3). Ada 3 atau 4 orang yang masih on progres dan 2 orang yang dilelang. Waktu membaca juz lelangan benar-benar dikerjakan dari jam yang sudah ditentukan yaitu dari 17:00-18:30.

Pukul 18:09 juz ke-29 melapor kholas dan tinggal 1 orang lagi. Tapi sampai jam 18:29 member tersebut belum melaporan. Pada jam itu juga, admin menutup majlis dengan doa khatam dan tidak ada tambahan waktu yang umum dilakukan di sistem masehi.

Hikmah yang saya ambil dari magang pertama ini ialah, salah satu kunci sukses pergantian sistem dari masehi ke hijriyah yaitu harus adanya PENEGAKAN ATURAN.

Nantikan catatan magang saya berikutnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s