Saat Komitmen One Day One Juz Jadi Kendor

“Ane pikir kita tidak perlu terlalu risau saat grup ini tidak khatam. Bukankah ODOJ ini dibentuk agar setiap orang termotivasi untuk bisa tilawah 1 juz 1 hari. Bukan setiap grup harus khatam 30 juz 1 hari. Tugas kita adalah memotivasi. Adapun ketidak khataman seseorang itu urusan dia terhadap komitmen tilawah ODOJ-nya.” Ungkap salah satu anggota ODOJ grup saya.

Sudah sepekan grup odoj atau one day one juz saya tidak bisa khatam. Penyebabnya beberapa member tidak laporan progres tilawahnya dan ada juga yang memang tidak sempat tilawah karena alasan sibuk bekerja. Satu setengah bulan yang lalu saya bergabung di odoj melalui whatsapp. Keseharian tilawah saya yang belang bentong, meniatkan saya untuk berubah menjadi 1 juz per hari melalui program odoj ini.

Satu bulan pertama program odoj saya berjalan cukup mulus, satu hari saya pernah tidak khatam karena sakit. Semua member odoj grup saya pun semangat khatam setiap hari tinggi, dan bersedia ambil lelang bagi member yang tidak bisa khatam. Lelang adalah istilah kami untuk bersama-sama membagi tilawah bagian juz teman lain yang tak khatam, agar target odoj khatam 30 juz sehari tercapai.

Namun sepekan ini terkesan semangat beberapa anggota tidak kuat seperti biasanya. Kami saling bertanya satu sama lain, apakah teman-teman sedang banyak urusan urgent yang tidak bisa di-share ke kami, walaupun sudah di sms tapi juga tak memberi kabar.

Satu sama lain saling mengingatkan untuk selalu sabar dan husnuzon. Diskusi ini semakin menarik, hampir semuanya menganalisa karena kekendoran komitmen member terhadap odoj saat ini. Kekendoran komitmen bisa terjadi di semua grup. Namun, bagaimana kita menyikapinya agar tidak semakin larut sehingga menularkan anggota lain adalah jalan yang harus segera dicari.

Saya sangat sepakat dengan paragraf pertama tulisan ini. Bahwa ODOJ ini dibentuk agar setiap orang termotivasi untuk bisa tilawah 1 juz 1 hari. Bukan setiap grup harus khatam 30 juz 1 hari. Tugas kita adalah memotivasi. Adapun ketidak khataman seseorang itu urusan dia terhadap komitmen tilawah ODOJ-nya.

Dan sebagai orang yang mau selalu beruntung, tentu kita tidak ingin terus menerus tidak komitmen terhadap odoj. Ok, Indonesia, ayo mengaji, ayo bergabung di ODOJ “One Day One Juz”.

Terima kasih,
maswaw

http://maswaw.wordpress.com/2014/01/26/komitemen-odoj/

Leave a Reply

