Tips Memilih Mushaf Al-Quran Untuk Menemani Aktivitas Sehari-Hari

Sebagai ummat Islam, kita harus senantiasa berinteraksi dengan Al-Quran. Untuk itu, kita harus selalu dekat dengan Al-Quran, yaitu dengan cara membaca dan mentadabburinya setiap saat.

Menurut Ustadz Irfan Syauqi Beik, salah satu kunci kesuksesan pemerintahan khalifah Umar bin Abdul Aziz, adalah tingginya tingginya interaksi masyarakatnya dengan Al-Quran.

Kata beliau, orang paling malas pada saat pemerintah Umar bin Abdul Aziz membaca Al-Quran 1 juz setiap hari. Umat Islam pada masa itu sangat produktif, sehingga diriwayatkan dalam sejarah, tidak dijumpai orang miskin sehingga dana baitul maal digunakan untuk membiayai pernikahan pemuda-pemudi yang telah siap menikah.

Padatnya aktivitas, baik di rumah, kantor, kampus, maupun di luar tidak menghalangi kita untuk berinteraksi dengan Al-Quran. Untuk itu, ada beberapa tips agar kita bisa selalu dekat dengan Al-Quran dengan cara membawanya dalam aktivitas sehari-hari.

1. Al-Quran Ukuran Besar

image

Al-Quran ukuran besar (standar) sangat cocok untuk dibaca di rumah. Ukurannya yang cukup besar membuatnya tidak terlalu cocok untuk dibawa untuk kegiatan luar. Bagi Anda yang memiliki cukup uang bisa membeli Al-Quran ukuran besar yang dilengkapi dengan tajwid, terjemah, maupun tafsir yang sudah banyak tersedia di toko buku.

2. Al-Quran Ukuran Kecil

image

Al-Quran ukuran kecil (bisa masuk saku) lebih praktis untuk dibawa pada saat beraktivitas di luar, misalnya saat bepergian ke luar kota, dibawa pada saat sholat jumat, kajian, ke kantor, maupun ke kampus. Tapi Al-Quran kecil perlu hati-hati saat dimasukkan ke dalam saku, karena jika tidak hati-hati bisa terbawa pada saat kita ke toilet.

3. Software Al-Quran di PC/Laptop

image

Bagi Anda yang setiap saat bekerja dengan menggunakan PC/Laptop, mungkin bisa mencoba Al-Quran jenis ini. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah software Al-Quran Ayat, yang menurut saya paling lengkap. Software Ayat ini memiliki sinkronasi teks, terjemahan, dan bacaan mp3 yang pas. Selain itu software ini juga sudah dilengkapi dengan tafsir, untuk yang berbahasa Indonesia saat ini baru Tafsir Jalalayn. Bahkan, software ini dilengkapi dengan fasilitas menghafal Al-Quran.

4. Quran Mobile

image

Dari sekian banyak tipe atau format Al-Quran, Al-Quran tipe yang satu ini paling sering saya bawa kemanapun. Di kantor, di halte bus, di bengkel, di kereta, kita bisa selalu membaca Al-Quran. Sebenernya, Ayat sendiri ada yang versi mobile. Akan tetapi, saya lebih menyukai aplikasi Quran for Android.

5. MP3 Al-Quran

Tak lengkap rasanya jika tidak menyertakan yang satu ini. Jika Anda mempunyai banyak koleksi lagu-lagu maupun nasyid, jangan sampai tidak ada ruang untuk MP3 Al-Quran di gadget Anda. Beberapa Qori favorit saya antara lain Syeikh Misyari Rasyid (pelan), Syeikh Al-Ghamidi (sedang), dan Syeikh Sudays (cepat).

Semoga kita menjadi pribadi yang selalu berinteraksi dengan Al-Quran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s