Manajemen Habit One Day One Juz dengan Aplikasi Lift

Tepat hari ini, adalah hari ke-30 saya bergabung dengan gerakan One Day One Juz Group 137. Artinya, hari ini adalah juz ke-30 yang saya baca, atau dengan kata lain memasuki siklus khatam yang pertama.

Salah satu manfaat terbesar dari ODOJ yang saya rasakan adalah melatih aktivitas membaca quran 1 juz sehari sebagai habit. Biasanya, membaca quran 1 juz sehari seringnya hanya dilakukan pada bulan Ramadhan. Alhamdulillah, dengan mengikuti ODOJ aktivitas tilawah saya (beserta istri) bisa terjaga dengan baik.

Sedangkan mengenai manfaat membaca Al-Quran bisa kita dapat dari artikel-artikel yang sering kita dapat di group ODOJ. Misalnya, orang yang galau menjadi tenang karena membaca Al-Quran, orang yang pemarah menjadi lemah lembut, dan berbagai manfaat yang lain.

Seperti kita ketahui, aktivitas One Day One Juz tidak dapat dipisahkan dengan gadget terutama smartphone. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips manajemen habit one day one juz dengan media social, yaitu aplikasi Lift.

Aplikasi Lift adalah sebuah aplikasi media social yang digunakan untuk manajemen habit, baik itu membiasakan positive habit maupun meninggalkan negative habit.

Misalnya, seseorang yang ingin berhenti merokok, melakukan diet, membiasakan diri minum cukup air putih, makan buah, menelepon orang tua, membaca buku, maupun membaca alquran. Menurut Lift, seseorang dikatakan sukses membangun habit, jika telah melewati masa 21 hari berturut-turut atau 3 minggu. Saat ini, aplikasi Lift baru tersedia di 3 platform: Iphone, Android, dan Web.

image

Aplikasi Lift ini bermaksud membangun positive habit ala manusia modern, yang tidak bisa lepas dari gadget dan media social. Di Lift, kita bisa mengikuti habit yang sudah tersedia, maupun membuat habit sendiri. Dengan Lift, setelah melakukan habit tertentu, kita bisa melakukan check in. Selanjutnya, Lift akan memberikan notifikasi mengenai habit yang kita kerjakan, misalnya habit mana yang konsisten dikerjakan (di Lift diistilahkan dengan Strike).

image

Selain itu, kita bisa melakukan evaluasi atas habit yang dikerjakan. Lift secara otomatis akan membuat tabel frekuensi habit, kalender habit, serta catatan yang kita tuliskan atas habit yang dikerjakan.

Jika kita bisa meluangkan waktu untuk membangun habit yang hanya berdimensi dunia, misalnya diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal, belajar pemrograman, membaca buku, mempersiapkan ujian TOEFL, menerapkan pola makan sehat, dll, mengapa kita tidak punya cukup waktu untuk membiasakan diri dengan positive habit yang berorientasi akhirat (seperti tilawah atau membaca Al-Quran, menghafal Al-Quran, Sholat Dhuha dll)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s