List Tilawah Bintang Lima

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Selamat Pagi Odojers Fillah,

Bagi para odojers, suatu saat akan datang masa di mana odojers dapat giliran menjadi PJ Harian.

PJ Harian ODOJ adalah petugas yang bertanggung jawab menjadi tukang rekap progress tilawah group ODOJ. PJ Harian ODOJ adalah odojers yang kebagian juz 30. Pertimbangan ini mungkin diambil karena Juz 30 atau Juz ’Amma adalah juz yang jumlah halamannya paling pendek,  sehingga PJ Harian bisa selesai membaca 1 juz lebih awal, sehingga bisa optimal dalam mengemban amanah sebagai PJ Harian.

Tugas PJ Harian bisa dibilang gampang-gampang-susah, atau susah-susah-gampang, karena memantau perkembangan bacaan 29 orang anggota ODOJ yang lain dengan media yang sangat terbatas, yaitu WA, SMS, maupun telpon. Belum lagi dihadapkan pada anggota ODOJ yang berlatar belakang usia, daerah, suku, pulau, bahkan mungkin negara yang berbeda.

Untuk itulah peran PJ Harian menjadi sangat vital. Seorang PJ Harian ODOJ dituntut untuk kreatif memantau dan memotivasi anggotanya agar khatam lebih awal. Jika tidak demikian, dikhawatirkan khatam jadi lebih lama dan bisa mengganggu jam istirahat baik PJ Harian maupun anggota ODOJ lain.

Salah satu tips menarik dari PJ Harian ODOJ 137 adalah dengan memberi rating anggota ODOJ berdasarkan waktu menyelesaikan bacaan 1 juz, dengan memberi bintang, dari bintang 5 sampai bintang 1 dengan emoticon WA dengan ketentuan sbb:

Bintang 5: Selesai 1 Juz sebelum 08:00
Bintang 4: Selesai 1 Juz antara jam 08:00-12:00
Bintang 3: Selesai 1 Juz antara jam 12:00-16:00
Bintang 2: Selesai 1 Juz antara jam 16:00-20:00
Bintang 1: Selesai 1 Juz lebih dari jam 20:00
1 Bintang tambahan untuk yang bersedia mengambil lelang

image

Alhamdulillah, respon dari anggota ODOJ 137 sangat positif dan menjadi termotivasi. Meskipun cuma dapat bintang dari PJ Harian, insya Allah ganjaran Allah jauh lebih besar. Apalagi jika kita bisa khatam lebih awal, dan bisa istirahat dengan cukup. Apalagi Islam mengajarkan agar tidur lebih awal.

image

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s